SIGINJAI

DAERAH

WAWANCARA

POLITIK

SPORT

ACTUAL TV

You are here

Gandeng UMKM di Pelayangan, FEB UNJA lakukan Inovasi Produk Sambal Lingkung Berbasis Teknologi


Actualinside.com. Jambi - Kuliner khas Kota Jambi memang tiada habisnya, mulai dari yang manis hingga asin, dari sayuran hingga ikan. Ya, lagi-lagi ikan. Banyak Makanan khas Jambi berbahan dasar ikan,  salah satunya adalah Sambal lingkung.


Di Kota Jambi, UMKM yang melakukan produksi sambal lingkung sebagai salah satu produk unggulan sudah mulai banyak, namun masih memiliki kesulitan dalam memasarkan baik dari segi promosi, penjualan hingga pemanfaatan teknologi yang kurang. sehingga tidak tutup kemungkinan masih jarang kita temui di pasaran.


Melihat kondisi itu, melalui Kegiatan pengabdian kepada masyarakat, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi terpanggil untuk membantu pelaku UMKM
dalam memecahkan hambatan serta mendorong terciptanya inovasi yang dihasilkan dalam produksinya khususnya sambal lingkung sehingga mampu bersaing dipasaran.


mengambil tema kegiatan "Inovasi Produk Sambal Lingkung Berbasis Teknologi sebagai Upaya Peningkatan Usaha UMKM di Kecamatan Pelayangan Kota Jambi, Tim kegiatan Pengabdian kepada masyarakat, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi  di ketuain oleh Dr. Agus Solikhin, S.E., M.M ini dengan anggota Ade Perdana Siregar, S.E,M.M, Husni Hasbullah, S.E, M.M dan Yayuk Sriayudha, S.P, M.M. bersama 3 orang mahasiswa yaitu Reno Adithya, Muhammad Rahadian dan Rian Okta Ardiansyah, langsung bergerak cepat.

Tim ini pun menggandeng UMKM kelompok Usaha Mutiara Indah Bersama dengan ketua Ibu Zumratul Aini dan Kelompok usaha Daniz dengan ketua Ibu Rahmawati. UMKM ini berlokasi di Kelurahan Tengah Kecamatan Pelayangan Kota Jambi.


"Kegiatan yang dilakukan ini bertujuan
Memaksimalkan teknologi tepat guna dengan memberikan alat pengering ikan (spinner) dan alat penggiling ikan untuk menunjang proses produksi agar lebih baik."Ujar Dr. Agus Solikhin, S.E., M.M Selaku Ketua Tim saat disambangi actualinside.com

"bukan hanya sebatas memberikan bantuan alat pengering ikan, dalam Pelatihan ini kami juga mendampingi  UMKM ini, baik itu tehnik pemasaran dengan bagaimana cara membuat kemasan dan mendesain merek produk agar lebih menarik, juga memberikan Pelatihan manajemen usaha dengan memberikan pelatihan dan pendampingan pengelolaan keuangan. sehingga ke depannya harapan kita UMKM ini bisa meningkat dan maju sehingga sambal lingkung yang dihasilkan mampu bersaing di antara makanan khas daerah kota jambi yang ada di pasaran "sambungnya lagi. (ACI06)

ActualInside

Kanal HKK

Total Pageviews

Media Partner