SIGINJAI

DAERAH

WAWANCARA

POLITIK

SPORT

ACTUAL TV

You are here

Proyek Geothermal Energi Kerinci Dipertanyakan, Ini Kata Saiful Roswandi


Actualinside.Com.Jambi - Eksplorasi mega proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Geothermal (Panas Bumi) di Desa Lempur, Kecamatan Gunung Raya, yang dikerjakan oleh PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) dipertanyakan.

Soalnya, proyek PLTG yang sudah berjalan sejak 10 tahun terakhir,  belum ada kepastian kapan PLTG ini bisa mulai beroperasi dan dinikmati masyarakat Kerinci. Malahan, menimbulkan dugaan publik adanya penyelewengan pekerjaan. Dari kegiatan eksplorasi panas bumi ke eksplorasi biji emas.

Karena, lokasi proyek merupakan lumbung biji emas. Untuk itu, pihak PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) harus memberikan informasi secara berkala kepada publik, terhadap progres pekerjaannya.

"Kita berharap, pihak PT PGE terbuka memberikan informasi pekerjaan. Masa iya sudah 11 tahun lebih sejak mengantongi izin eksplorasi tidak ada kejelasan progresnya" Ujar Tokoh Muda Kerinci ini.

Mantan Ketua Umum HMI Kerinci ini menduga, adanya tujuan lain dibalik modus eksplorasi panas bumi.

"Itulah kita minta pihak PT PGE, terbuka memberi info apa benar mereka melakukan eksplorasi panas bumi, jangan-jangan eksplorasi biji emas" dugaan Saiful Roswandi.

Kecurigaan tersebut bukanlah tanpa dasar. Dari gambar satelit lokasi yang didapatkanya, terlihat lokasi proyek seperti eksploitasi biji emas di freepoot.

"Kalau saya lihat dari data yang saya dapatkan, eksplorasinya bukan seperti pengeboran panas bumi, gugus tanahnya seperti di freepoot. Kayak eksploitasi biji emas. Kita curiga itu" jelasnya.

Untuk itulah, mantan aktivis mahasiswa ini berharap agar pemda Kerinci mempertanyakan hal itu. Dan teman-teman Dewan juga mesti getol mengoreksi mempertanyakannya.

"Mereka (Eksekutif dan legislatif) punya hak dan kewenangan untuk mempertanyakannya. Jangan sampai daerah kita yang dirugikan dan rakyat cuma dapat ampasnya saja. Itu fatal" Tegasnya.

Sementara dari pihak PT PGE, hingga berita ini diturunkan belum dapat dikonfirmasi terkait dengan pekerjaannya. (aci-i02)

ActualInside

Kanal HKK

Total Pageviews

Media Partner