SIGINJAI

DAERAH

WAWANCARA

POLITIK

SPORT

ACTUAL TV

You are here

SMB Bantah Lakukan Pengerusakan Areal PT.WKS 5010 Ha.


Actualinside. com Jambi - Diret PKTHA Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mempasilitasi pertemuan antara PT. WKS dengan Serikat Masyarakat Batang Hari SMB di kantor Dinas Kehutanan Provinsi Jambi,dalam kasus Konflik agraria.

Dalam pertemuan tersebut Diret Penyelesaia Konflik Tenurial dan Hutan Adat  menghadirkan banyak pihak diantaranya,KesbangPol Prov Jambi, Unsur TNI dan Polri, TIMDU Kabupaten Batang Hari, PT. WKS, Serikat Masyarakat Batang Hari, Persatuan Petani Jambi, LSM AMPHAl,dan lima Koperasi HTR Batang Hari.

Dalam pertemuan yang mendengarkan pendapat para pihak tersebut berlangsung alot, para pihak mengutarakan Argumennya Masing-Masing.

PT. WKS menyampaikan atas kerusakan pada areal tanaman aksianya, seperti yang di sampai Slamet dari Pihak PT. WKS bahwa, pada areal Jalan  800 distrik 8 Pt Wks telah terjadi pengerusakan terhadap Tanaman akasis milik perusahaan lebih kurang 5010h oleh anggota SMB.

Akibat dari pendudukan lahan dan pengerusaka pada areal tersebut, pihak perusahaan tidak dapat melakukan kegiatan pekerjaan  seluas 8033ha di distrik 8.

SMB tidak saja merusak tanaman namun juga  telah merusak pos security, serta melakukan intimidasi terhadap para pekerja di lapangan.

Kelompok Serikat Masyarakat Batang Hari membantah keras tuduhan yang di sampaikan oleh PT. WKS. kami dari SMB tidak merusak, kami hanya membuka areal untuk pertanian dan perkebunan.

Lahan yang kami garap saat ini merupakan areal kami yang di gusur oleh PT. WKS pada tahun 2000 sampai 2004.

Oleh sebab itu kami meminta kepada KLHK agar areal tersebut untuk di ENCLAVE, di lepaskan dari kawasan hutan dan keluar dari izin HTI PT. WKS.

Kementrian KLHK Ditjen Penyelesaian Konflik Tenurial dan Hutan Adat PKTHA, dalam pertemuan tersebut mengatakan pertemyan ini adalah mendengarkan keterangan Para pihak, dan nantinya akan ada pertemuan lanjutan, besar harapan kita agar konflik inj dapat teratasi dan di selesaikan dengan pola Perhutanan Sosial. (Aci-02)

ActualInside

Kanal HKK

Total Pageviews

Media Partner